Home » » MUI Bantah Lobi Label Halal di UEA Gagal

MUI Bantah Lobi Label Halal di UEA Gagal

Badan Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia Indonesia (LPPOM MUI) menegaskan bahwa lobi soal sertifikasi halal di Uni Emirat Arab tidak gagal.

"Hingga saat ini komunikasi antara LPPOM MUI dengan instansi terkait masih berlangsung secara intensif," kata Wakil Direktur LPPOM MUI Sumunar Jati. "Jadi, tidak benar kalau dinyatakan bahwa "usaha lobi yang dilakukan MUI terhadap otoritas UEA disebut gagal."

Bantahan ini disampaikan menanggapi pernyataan Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi Senin lalu. Dia meminta LPPOM MUI mengevaluasi diri terhadap sertifikasi halal yang dikeluarkan setelah ditolak di Uni Emirat Arab (UEA) Juni lalu. (Baca: MUI Diminta Evaluasi Diri Soal Sertifikasi Halal di UAE)

"Bahwa produk halal kita ini ternyata oleh negara lain tidak diakui, nah mungkin seperti itu pesannya (evaluasi diri)," ujarnya di Jakarta, Senin, 17 September 2012.

Menurut Jati, keluhan itu bermula dari laporan sebuah perusahaan ke Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) mengenai ditolaknya produk perusahaan itu oleh UEA. Produsen makanan ini melakukan ekspor ke UEA sebelum mendapatkan sertifikat halal dan tidak menghadapi kendala apa pun. Setelah mengantongi sertifikat halal pada awal 2012, perusahaan tersebut memasang label halal pada produk yang diekspor ke UEA tanpa memberitahukan pada otoritas setempat sehingga label tersebut dipertanyakan dan produknya ditolak.

Untuk mengatasi penolakan itu, kata Jati, atas saran dari Kedutaan RI di UEA, LPPOM MUI melakukan pendekatan kepada pemerintah setempat dengan menyampaikan informasi mengenai sertifikasi halal di Indonesia.

"Memang memerlukan waktu untuk mengenalkan label ini," ujar Jati seraya menambahkan bahwa saat ini mereka sedang menjalin komunikasi dengan difasilitasi Kedubes RI di negara setempat.

tmpin

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MUI Rancah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Re-Design by TsurayaMedia